Profile

Join date: Oct 7, 2022

About
0 Like Received
0 Comment Received
0 Best Answer

Candi Borobudur, Tujuan Rekreasi Realigi Terkenal di Indonesia


Candi Borobudur ialah monumen Buddha yang diawetkan di Indonesia yang memikat beberapa ribu peziarah dan pelancong dari penjuru dunia. Dengan 3 tingkat khusus, Candi Borobudur menghampar lebih dari 2.500 mtr. persegi, menjadikan salah satunya situs monumental paling besar di dunia.


Dalam artikel ini, kita akan mengulas semuanya yang perlu Anda kenali mengenai kreativitas arsitektur yang cemerlang ini.


Apa Candi Borobudur yang Populer?

Kuil ini populer dengan susunannya yang mengagumkan, nilai arkeologis, dan arti religiususnya. Candi Borobudur ialah monumen Buddha paling besar di dunia dan Situs Peninggalan Dunia UNESCO. Ini ialah tempat Wisata Bali yang terbanyak didatangi di Indonesia.


Lokasi Candi Borobudur

Candi Borobudur berada di Lembah Kedu, 86 km dari Surakarta dan 40 km dari Yogyakarta. Dua gunung berapi kembar dan sungai mengapit candi. Itu berada di wilayah yang tinggi. Pada era ke- 20, dua candi Buddha yang lain diketemukan saat candi itu sedang dipugar ke periode kemasyhurannya. Mereka berada sejajar dengan Candi Borobudur; dipercaya jika kuil-kuil ini mempunyai jalinan ritus.


Beberapa arkeolog memiliki pendapat jika candi Borobudur dibuat di tengah-tengah danau dan menggambarkan wujud teratai, tapi tidak terdapat bukti yang diketemukan untuk memberikan dukungan tesis ini.


Riwayat Candi Borobudur

Bukti memperlihatkan jika Candi Borobudur dibuat di tahun 800 M pada periode Dinasti Sailendra. Diibaratkan jika penuntasan candi memerlukan waktu sekitaran 75 tahun. Lepas dari keutamaan candi yang diselenggarakan untuk orang Jawa sekitaran waktu candi itu dibuat, candi itu ditinggal.


Borobudur terbenam dalam abu vulkanik dan perkembangan rimba lebat. Tetapi kehadirannya tidak dilalaikan, tapi candi mempunyai konotasi negatif; orang yakin jika Borobudur bawa nasib jelek dan dihubungkan dengan kematian. Kepercayaan takhayul ini sebagai kontradiksi dari keagungan candi yang istimewa sekitaran waktu candi itu dibuat.


Candi ini diketemukan kembali sepanjang wargaan Inggris di Indonesia di antara tahun 1811 dan 1816. Thomas Stamford Raffles, gubernur Indonesia waktu itu, tertarik dengan riwayat Jawa. Dan ia dikasih tahu ada monumen yang terpendam dalam rimba. Ia tidak dapat pergi dan menyaksikan kuil tersebut, tapi ia mengirimi seorang insinyur, Hermann Cornelius, untuk mendapati kuil itu. Hermann, bersama dengan satu kelompok 200 orang, bersihkan rimba dan mengeruk kuil.


Tetapi, ia tidak dapat ungkap semua galeri seni karena ada resiko roboh. Di tahun 1835, Christiaan Lodewijk Hartmann meneruskan kreasi Hermann, dan dipercaya mendapati patung Buddha memiliki ukuran besar di salah satunya stupa.


Pada beberapa tahun selanjutnya, animo pada candi tumbuh perlahan-lahan. Itu ialah situs cenderamata dibanding situs arkeologi dan riwayat yang penting; banyak harta candi yang dijarah juga. Tetapi, candi ini mengundang perhatian dunia di tahun 1885 saat reliefnya diketemukan. Kegemerlapan arsitektur candi dimengerti, dan pemerintahan melakukan pemugaran candi.


Tugas restorasi dilaksanakan di antara tahun 1907 dan 1911, tapi tugas itu tidak usai. Sepanjang Perang Dunia II dan Revolusi Nasional Indonesia, tugas pemugaran candi diundur. Sepanjang waktu ini, candi makin lebih buruk, dan susunan bawah tanah candi menanggung derita karena permasalahan drainase dan cuaca.


Situs Peninggalan Dunia

Di tahun 1975, pemerintahan Indonesia, bekerja bersama dengan UNESCO dan dengan kontribusi keuangan yang diterima dari negara lain, mengawali lagi proses restorasi. Dan di tahun 1991, UNESCO mengumumkan Candi Borobudur sebagai Situs Peninggalan Dunia.


Apa Candi Borobudur Sisi dari 7 Fenomena?

Kuil ini dipandang seperti salah satunya fenomena dunia kuno; Tetapi, itu tidak ada pada daftar 7 fenomena dunia. Salah satunya argumen khusus ialah jika daftar asli dibikin pada sebuah tempat pada era kedua dan ke -1 SM, dan Candi Borobudur tidak ada sampai era kesembilan dan ke 10.


Yang menjelaskan, bahkan juga bila daftar dibikin sekitaran waktu candi dibuat, candi akan mempunyai banyak sekali kompetisi karena ada susunan lain dari kegemerlapan arsitektur sama.


Acara dan Pariwisata

Sesudah tugas restorasi usai, candi mulai berkilau sebagai tempat penting keagamaan. Waisak, hari liburan nasional di negara tersebut, dirayakan di website untuk mengingati kelahiran, kematian, dan pencerahan Buddha.


Candi Borobudur sebagai tempat wisata yang terbanyak didatangi di Indonesia. Ini menarik 260.000 pelancong di tahun 1974, dan angka itu bertambah jadi 2,lima juta tahunan seperti Wisata Lombok. Sementara penghasilan pelancong yang dibuat oleh candi benar-benar memberikan keuntungan Indonesia, pariwisata sudah jadi perhatian. Candi memerlukan pelindungan dari vandalisme, dan tangga candi sedang hancur karena tingginya banyaknya orang yang berkunjung candi.


Tetapi, beberapa langkah sudah diambil untuk meminimalisir kerusakan yang sudah dilakukan oleh lawatan wisatawan; pemerintahan membuat susunan kayu di atas tangga, dan dianjurkan supaya pengunjung diberi alas kaki khusus saat berkunjung kuil.


Apa Borobudur Stupa atau Mandala?

Borobudur ialah persilangan di antara stupa yang berisi relik Buddha dan mandala yang sebagai wakil kosmologi Buddhis. Ini ialah gunung candi dengan bujur sangkar yang seperti bumi dan lingkaran yang seperti surga. Kuil ini simpan salah satunya koleksi relik Buddha terkomplet di dunia.


Adapun arsitektur candi, candi menyimbolkan arsitektur dinasti Gupta dan arsitektur style Jawa. Candi ini sebagai contoh dampak India, tapi susunannya mempunyai detil arsitektur yang menjadikan ciri khas Indonesia. Dalam kompleks candi ada 3.000 patung relief dan 500 patung Buddha.


Yang mana Lebih Besar, Borobudur atau Angkor Wat?

Dari sisi luas dan ukuran tanah, Angkor Wat lebih besar dari Borobudur, tapi Borobudur banyak memiliki gua yang dapat Anda telusuri. Walau Angkor Wat semakin besar, Borobudur lebih tua.

D
DarioGarfield

DarioGarfield

More actions